Khataman dan Imtihan Al-qur’an SD Islam Sari Bumi Sidoarjo

Beranda
Berita Sekolah
Khataman dan Imtihan Al-qur’an SD Islam Sari Bumi Sidoarjo

Khataman dan Imtihan Al-qur’an SD Islam Sari Bumi Sidoarjo

Alhamdulillah, Sabtu, 6 Mei 2017 telah berlangsung acara “Khataman dan Imtihan Al-qur’an Metode Ummi Tartil dan Tahfidz juz 30, 29, 28, 27, dan 26. Acara diawali dengan bacaan surat Al-qiyamah oleh seluruh peserta khataman dan imtihan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ustadz Rifqi Hidayat, S. Pd. I. Selaku kepala sekolah.
Dalam kata sambutan ini beliau menyampaikan acara ini bertujuan untuk menunjukkan kepada orang tua inilah hasil belajar dan hasil didikan asatid/asatidzah SD Islam Sari Bumi serta kerja sama yang baik dari orang tua di rumah.
Kegiatan imtihan dipandu oleh ustadz Iswahyudi selaku trainer dari Ummi Foundation. Pada kegiatan ini beliau menguji santri satu persatu secara acak. Orang tua juga diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada peserta baik anandanya sendiri atau santri lainnya. Sedangkan kegiatan imtihan tahfidz dipandu oleh ustadz Alfan selaku koordinator al-qur’an di SD Islam Sari Bumi. Prosesinya sama dengan imtihan tartil al-qur’an metode ummi.
Setelah proses imtihan selesai, dilanjutkan puisi oleh santriwati SD Islam Sari Bumi kelas 5 yang bernama Faza. Usai puisi dibacakan ustadz Iswahyudi memandu santri khataman dan imtihan untuk meminta maaf dan doa kepada orang tua. Pada sesi ini disambut haru oleh para orang tua dan ananda peserta. Hampir semua peserta dan para orang tua meneteskan air mata. Sambil menangis peserta khataman dan imtihan turun dari panggung memeluk orang tua sembari mengucapkan untaian kata maaf dan doa agar mereka jadi anak yang sholih/sholihah serta sukses dunia akhirat.
Acara terakhir kata sambutan dari salah seorang wali santri yang diwakili oleh Pak Jos Bramasto, dilanjutkan sambutan dari perwakilan kepala sekolah se-Sidoarjo. Kata sambutan ditutup dari yayasan yang diwakilkan oleh pak ghofir. Puncak dari acara ini adalah pemberian syahadah (ijazah) dan hadiah kepada peserta khataman dan imtihan al-qur’an.
Suksesnya kegiatan ini berkat kerja sama yang baik antara asatid/asatidzah, wali santri dan lembaga yayasan LPI Sari Bumi, dan Ummi Foundation. Semoga kegiatan ini menambah motivasi siswa agar senantiasa tetap menjaga hafalan dan bacaan al-qur’an mereka baik kualitas maupun kuantitas dan tidak berhenti sampai disini saja. Diharapkan juga agar mereka mengukir prestasi yang lebih tinggi, begitulah yang diungkapkan oleh Ustadzah Diah selaku pengajar al-qur’an di SD Islam Sari Bumi. (res/sdi/post6mei2017)

Tinggalkan Komentar Disini


Copyright 2015-2017 © LPI Sari Bumi Sidoarjo. Developed by AZATEAM